11.29.2006

Televisi (The Upstairs - JKT : SKRG)

Menyedihkan. Sekarang banyak kasus kekerasan yang terjadi di kalangan anak-anak SD, bahkan sampai ada yang meninggal dunia, karena meniru tayangan Smackdown. Begitu besar influence tayangan tersebut hingga banyak anak-anak yang "bermain" dengan meniru-niru jagoan gulat mereka.

Televisi memang membawa efek yang besar bagi manusia, terlebih lagi bagi anak-anak. Apa yang ditampilkan televisi biasanya mudah merasuk ke dalam pikiran. Dalam hal ini, acara Smackdown yang menampilkan berbagai pegulat dengan kegagahannya serta maskulinitas benar-benar dapat diterima oleh anak-anak sebagai sosok idola. Sebagaimana anak laki-laki pada umumnya, di usia seperti anak-anak SD itu lah mereka mencari figur yang bisa diidolai, yang membawa label "gagah" dan "maskulin", sehingga mereka pun bisa meniru segala gerak-gerik idola mereka itu.

Sayangnya, yang muncul dari tayangan tersebut adalah sosok pegulat dengan aksi-aksi kekerasan yang sebenarnya memang bukan untuk konsumsi anak-anak. Menyedihkan.

Saya sangat prihatin. Apalagi, saya punya banyak sepupu yang masih seusia dengan korban-korban Smackdown lainnya, dan sepupu-sepupu saya itu pun, yang saya tahu, mereka suka mengikuti apa yang ditampilkan di program tersebut.

Dulu, waktu saya masih SD, saya dan teman-teman juga sering meniru-niru program televisi. Tapi, yang saat itu kami tiru adalah program-program kuis, seperti kuis Piramida, Famili 100, dan Kata Berkait. Sedikit konyol kalau dibandingkan dengan era saat ini. Mana ada anak-anak yang mau main games seperti itu.

Sekarang, saya pun masih sering mengadaptasi acara-acara televisi untuk "dimainkan" di kehidupan nyata. Beberapa waktu yang lalu, di saat jam istirahat kuliah, saya dan teman-teman kampus bermain Amazing Race, lomba cepat-cepatan menuju lokasi tertentu, yang saat itu kami pilih adalah kantin bengkok, karena kami memang sedang istirahat dan ingin makan siang. Bodoh.

Ya sudah lah, cukup tentang televisinya.

Fin.

3 Comments:

Blogger afternightbeforesleep said...

yeee..

hidup amazing race..
bikin versi amazing race itb..
nanti dilombain..
hehe..

10:20 AM  
Blogger Nadissa said...

sekarang kan ada game PS nya sgala Mo, jadi makin bpengaruh,,

iya tu, sodara gw juga ngaku "seru maen smackdown",, gile dah cadas2 ya anak skarang, gimana jadinya ntar ya?

8:04 AM  
Anonymous Anonimo said...

http://connections.blackboard.com/people/7f7182205e Buy Accutane Online,
http://connections.blackboard.com/people/16ca99c49e Buy Aciphex Order

3:06 AM  

Posta un commento

<< Home