8.21.2004

Proud to be Indonesian

Semalem, gw habis nonton final match Olimpiade Athena 2004 buat cabang bulutangkis. Seperti tahun2 sebelumnya, Indonesia selalu "ngantongin" emas dari cabang ini, dan tahun ini, legenda tersebut kembali terulang. Yang bikin beda adalah, penyumbang emas adalah pemain tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat. Selama 2 kali Olimpiade ke belakang, emas selalu disumbang lewat ganda putra Indonesia.

Semalem, pas gw nonton di tv kabel, gw ngerasa kayak ada sesuatu yang "menggebu-gebu". Apaan ya?? Kayaknya seeh semangat nasionalisme yang makin meningkat. Trus, gw liat di tv, kayaknya satu hall itu penuh sama orang2 yang bawa bendera merah-putih deh. Gila! Rame benjedh.. Trus, mereka pada nyanyi2 lagu nasional githu.. Waah, pokoknya supportnya gila2an deh.

Nah, pas set ke-2, di akhir2 pas skornya udah 14-7, ketegangan mulai memuncak.. Dan akhirnya mencapai klimaksnya pas smash Taufik Hidayat gx bisa dibalikin sama si Shon.. Shon.. Shon something lah.. Namanya susah bener.. Dan artinya, emas udah melayang ke Taufik Hidayat from Indonesia.. Ihhuu..! Cihhuuy..! Taufik langsung duduk githu, terus teriak sambil matanya berkaca-kaca.. Terus, terus, githu deh pokoknya.. O iya, abis itu, dia bikin victory lap. Pas lagi victory lap, dia dimintain tanda tangan githu sama penontonnya. Mungkin kedengerannya biasa aja, tapi, you know what? Yang mintain tanda tangannya itu semuanya orang bule! Waah..

Waktu penyerahan medali, karena Indonesia yang jadi juaranya, otomatis lagu kebangsaan kita tercinta, Indonesia Raya berkumandang di Athena untuk pertama kalinya! Yang bikin dramatis adalah, Taufik Hidayat nangis terharu bercampur bangga pas Indonesia Raya diputer. Anjriiit..! Merinding gw ngeliatnya.. Gw blom pernah ngeliat orang bangga sampe terharu karena bisa menang sesuatu buat negaranya kyak githu..


Picture courtesy of www.athens2004.com

Coba elo pikir deh, kapan terakhir kali elo bangga sama negara kita? Gw yakin pasti udah lama banget.. Banyak banget orang yang gx peduli sama bangsa kita ini. Mereka pikir, Indonesia tuh udah kebanyakan boroknya, dan walaupun ditutupin pake plester merek "prestasi bangsa" ukuran jumbo pun gx bakal bisa ketutupan. Mungkin ada benernya juga, tapi kita mestinya sebagai penerus bangsa ini harus bisa menutupi semua borok masa lalu itu. Caranya? Yang dengan berprestasi. Mulai dari sekarang, kita harus udah punya rencana-rencana untuk berprestasi. Gx usah muluk2, prestasi yang kecil2 aja dulu deh. Dan yang namanya berprestasi, bukan cuma lewat pertandingan atau perlombaan aja kan?!..

Peace Out,
Primo

PS : Kok, paragraf terakhir, jadi mirip Bu Fery y? *Bergidik ngeri..*